62.02 F
New York
November 26, 2020
Jurnal Reformasi

AA.MAUNG: Saat Pendemi Untuk Pembelajaran Daring Guru Perlu Inovasi Bukan Hanya Menumpuk Tugas Bagi Siswa

BANDUNG//jurnalreformasi.info- Masa-masa pandemi terus berlanjut yang berdampak diberbagai sektor termasuk di bidang pendidikan.

Asep B.Kurnia atau AA Maung sebagai pengamat pendidikan memberikan pandangannya terhadap situasi saat ini dimana beliau mengatakan bahwa ” Guru harus banyak inovasi dalam hal melakukan pembelajaran daring ini sehingga cenderung tidak monoton, dimana perlu disadari bahwa siswa sudah banyak yang mengeluh dengan keadaan pembelajaran dirumah, artinya perlu suatu terobosan baru yang dilakukan agar supaya meminimalisir tingkat stres siswa termasuk orang tua mungkin didalamnya yang secara disadari dan tidak ikut terkena dampaknya” ungkapnya.

Dalam hal ini AA.Maung melihat bahwa dari kacamata saya sebagian besar justru dengan belajar daring ini tidak sedikit yang hanya memberikan tugas yang banyak kepada siswa , tanpa terpikirkan bahwa materi yang diberikan sudah dimengerti siswa atau sebaliknya, ini perlu kita sadari bahwa bukan belajar tatap muka langsung tetapi PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh), tentu hal ini perlu penyegaran dari Tenaga Pendidik agar supaya tingkat kejenuhan anak bisa teratasi.

” Tidak sedikit sekarang siswa dan orang tua mengerjakan tugas sampai larut malam, ini tentunya melebihi takaran yang seharusnya, dengan begitu akan muncul suatu permasalahan baru seperti yang banyak terjadi belakangan ini”,ujar sep mengatakan pada kami.

Selain itu Asep mengajak kepada semua pihak terkait bahwa ini sudah menjadi tanggung jawab bersama, baik bagi pemerintah khususnya disektor pendidikan dan bagi tenaga pendidik mengingat kegiatan belajar daring masa covid-19 ini entah kapan akan berakhir.

Untuk saat ini saya rasa kegiatan daring baiknya tidak terus melulu diakhiri dengan tugas yang banyak dan harus selesai saat hari itu juga sehingga terlihat monoton dan membikin siswa jenuh.

Peran Guru disini sangat penting untuk memikirkan dan membikin formula yang tepat dan berkreasi untuk anak didik agar tingkat kejenuhan tidak terus berlanjut”, pungkasnya.

(Red)

Related posts

STIE Kerinci Sukses Melaksanakan Wisudawan/ti Gel II Tahun 2020

Redaksi

UIT Siapkan Sekolah Pemerintahan Desa di Lutim

Redaksi

Leave a Comment