62.02 F
New York
November 26, 2020
Jurnal Reformasi

Garut Angkat Budaya Sunda Dengan Lagu “Nupundung Kacurug Candung”

KAB.GARUT (Jabar)//Jurnalreformasi.info-Budaya Sunda ditataran Kabupaten Garut Merupakan salah satu budaya yang masih kental dalam kehidupan masyarakat diwilayahnya. Karna hal tersebut bisa terbukti dengan beberapa kegiatan formal yang selalu saja mengedepankan adat istiadat Sunda seperti Tari Jaipong, Lengser dan beberapa kegiatan yang terlahir sejak jaman nenek moyang Suku Sunda tumbuh.

Disaat jaman moderenisasi masuk ke daerah seperti sekarang ini, para tokoh diwilayah Kabupaten Garut khususnya Dinas Budaya dan Pariwisata ( Disbudpar) selalu menjadi garda terdepan untuk mempertahankan Seni Budaya tersebut, ini terbukti dengan baru- baru ini tercipta sebuah lagu ber aresment Sunda moderen yang di inspirator oleh seorang pejabat penting yaitu Mamun,Spd.Mpd beliau adalah salah satu Sekdis di Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Garut, yang menjadi garda terdepan menciptakan sebuah judul lagu yang berjudul NUPUNDUNG KACURUG CANDUNG.

Dalam isi lagu tersebut berisi tentang salah satu jajaka Garut yang mencintai wanojanya sehingga dalam situasi apapun, cintanya selalu melekat seiring dan menyatu dengan keindahan alam Kabupaten Garut.

Lagu ini terinspirasi dan terwujud bukan hanya oleh Bapak Ma’mun,Spd.Mpd saja, beberapa tokoh di Kabupaten Garut juga ikut serta dalam menciptakan lagu tersebut.

Kendati demikian disela-sela kesibukannya pada tanggal 28 April 2020 pukul 22 Wib melalui vidio caal handphone pribadinya berhasil diwawancarai bersama oleh team investigasi Jurnal Reformasi Ma’mun,Spd.Mpd berhasil diwawancarai mengungkapkan,”harapan saya dengan terciptanya lagu ini dapat menjadi inspirasi bagi siapa saja yang berbakat dalam mengkreasi sebuah lagu, karena pada intinya saya berikut stikolder di Kabupaten Garut sangat lah berharap bahwa kebudayaan Sunda khususnya di Jawa Barat bisa menjadi tumpuan dan salah satu bagian terpenting agar menjadi garda terdepan untuk memberikan kesan indahnya Indonesia dengan alunan kreasi lagu sunda”,ujar Ma’mun,Spd.Mpd memaparkannya dengan penuh ceria Kepada team Jurnal Reformasi.

Menurut inpormasi lagu terbaru yang menjadi kebanggaan Ma’mun,Spd,Mpd dan kawan-kawan ini cukup asik dan indah setiap untaian nada dan suara indah seruling khas Sunda, karna di iringi dengan vokal yang cukup fropesional dari salah satu tokoh yang menyebut namanya kang Juhendi, akan senantiasa membawa diri pendengarnya ke alam tataran Sunda yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Rencananya Ma’mun,Spd.Mpd dan kawan-kawan akan menciptakan beberapa lagu terbaiknya, serta berhara semua stikolder di Pemerintahan Kabupaten Garut dan semua masyarakat harus ikut serta dalam mendukung demi terwujud nya kelanggengan lagu Sunda di wilyah Jawa Barat.

(Tony F)

Related posts

Persiapan POPNAS Diknas Akan Laksanakan Open Turnamen Catur Kapolda  Cup II

DSP

Panorama Yang Indah Wisata Danau Lingkat Desa Lempur

Redaksi

Leave a Comment